delima

Dikategorikan sebagai berry, buah delima berdiameter sekitar 5-12 cm (2–5 inci). Warnanya merah, bulat dan terlihat seperti apel merah dengan batang berbentuk bunga. Buah delima mengandung berbagai senyawa tumbuhan bermanfaat, tak tertandingi oleh makanan lain. Kulit buah delima tebal dan tidak bisa dimakan, tetapi ada ratusan biji yang bisa dimakan di dalamnya.  Setiap biji dikelilingi oleh penutup biji berwarna merah, berair dan manis yang dikenal sebagai aril. Biji dan aril adalah bagian buah yang dapat dimakan mentah-mentah atau diolah menjadi jus delima, tetapi kulitnya harus dibuang.

Jus buah delima sendiri mengandung lebih dari 100 fitokimia. Inilah kenapa buah delima telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat.

1. Membantu Menjaga Berat Badan

Rutin mengkonsumsi delima tidak serta-merta membuat Anda kurus dalam sekejap. Lagi pula, belum banyak penelitian yang menunjukkan efektivitas delima terhadap penurunan berat badan.

Namun, pomegranate bisa Anda jadikan menu makanan sehari-hari Anda. Karena mengandung serat yang mengenyangkan, delima mungkin membantu menjaga berat badan. Dengan begitu, Anda jadi makan lebih sedikit dan, pada gilirannya, berat badan pun turun.

Makan buah delima juga dapat menurunkan keinginan ngemil makanan dan minuman tidak sehat lainnya, seperti kue, permen, atau junk food.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah delima terlihat memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Ini berkat kandungan sejumlah gizi, seperti serat, antioksidan, serta vitamin C, dan kalium yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengontrol tekanan darah.

Dengan mengkonsumsi buah delima dan beragam makanan sehat lainnya, seperti sayuran, buah-buahan, kacang, dan biji-bijian, anak akan berisiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dan hipertensi.

delima 13. Melawan Radikal Bebas

Antioksidan adalah senyawa yang mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Molekul radikal bebas dapat terbentuk dari polusi udara di lingkungan maupun proses metabolisme alami dalam tubuh.

Dari manapun asalnya, radikal bebas akan merusak bahkan menghancurkan sel sehat di sekitarnya. Molekul tersebut pun dapat memicu penyakit kronis mulai dari obesitas, diabetes melitus, jantung, hingga kanker.  Dibandingkan dengan teh hijau dan anggur merah, delima mengandung antioksidan hampir 3 kali lebih banyak. Selain berfungsi untuk menangkal efek radikal bebas, kandungan ini juga berkhasiat dalam melindungi sel-sel tubuh anak dari kerusakan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Radang Sendi

Jika Anda mengalami radang sendi, Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah delima. Buah delima diketahui memiliki efek antiradang, sehingga dipercaya dapat mengatasi peradangan pada sendi.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa ekstrak buah delima mengandung senyawa yang bisa melawan kerusakan sendi pada penderita osteoarthritis. Meski demikian, dugaan tersebut masih sebatas penelitian terhadap hewan, sehingga masih memerlukan studi lebih lanjut.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tentu tak cukup hanya dengan mengkonsumsi buah delima saja. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, dibarengi dengan olahraga teratur, serta mengelola stres dengan baik.

5. Menjaga Kekebalan Tubuh

Buah delima merupakan salah satu sumber antioksidan, folat, zinc, vitamin C, dan vitamin E yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan nutrisi tersebut penting untuk menjaga kondisi agar tetap fit dan lebih kuat melawan berbagai kuman dan virus.

Selain itu, buah delima juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Efek ini tentu baik untuk mengurangi risiko mengalami infeksi.

6. Melawan Infeksi Virus dan Bakteri

Buah delima dapat mencegah penyakit dan melawan infeksi. Dalam tes laboratorium delima telah terbukti memiliki sifat antibakteri dan antivirus.  Efek anti bakteri dan anti jamur dari delima disebut-sebut dapat membantu melindungi tubuh Anda terhadap infeksi dan peradangan di mulut.

7. Melembabkan Kulit

Bila dibandingkan dengan teh hijau, antioksidan dan vitamin C sari buah delima sebenarnya lebih baik untuk mengatasi kulit kering serta kusam. Minyak buah delima mampu menembus ke dalam kulit, sehingga cukup efektif untuk merawat kulit kering. Buah delima pun dikatakan bisa menenangkan kulit kering, pecah-pecah, dan iritasi berkat asam punicic-nya yang merupakan pelembab alami.

8. Meregenerasi Kulit

Minyak biji buah delima dapat membantu melindungi lapisan terluar kulit, yaitu epidermis, sekaligus lapisan di bawahnya, yakni dermis. Delima pun ternyata bisa membantu meningkatkan penggantian sel-sel kulit (regenerasi) epidermis. Ditambah lagi, buah delima juga membantu meningkatkan sirkulasi dan penyembuhan kulit, membantu perbaikan jaringan serta penyembuhan luka.

9. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa membahayakan kulit dan menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit. Manfaat buah delima dalam melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet ini banyak dicari.

Hal tersebut juga meningkatkan risiko Anda mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis-garis halus, kulit terbakar, hingga kanker. Zat polifenol pada buah delima membantu mencegah hiperpigmentasi dan flek hitam.

10. Merangsang Produksi Kolagen

Kulit manusia secara alami mulai mengendur saat usia bertambah tua. Buah delima mengandung asam ellagic dan antioksidan yang terbukti mampu mengurangi pemecahan kolagen.

Terlebih lagi, vitamin C di dalamnya dapat membantu memproduksi kolagen. Buah delima bisa merangsang sel-sel fibroblas yang memproduksi kolagen. Hasilnya, kulit Anda menjadi kenyal, aliran darah ke kulit lebih lancar, dan wajah tampak lebih kencang.

11. Mendukung Kesehatan Otot

Pada 100 gram buah delima, setidaknya terkandung sebanyak 235 miligram kalium. Mineral ini berperan penting dalam mendukung kesehatan otot anak. Selain kalium, buah ini juga mengandung kalsium, protein, dan fosfor.

Tidak hanya baik untuk kesehatan otot saja, ketiga kandungan tersebut juga sangat baik dalam menyokong kesehatan tulang dan gigi, serta membuat tubuh Si Kecil tetap kuat dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari, Bun.

12. Mengurangi Kolesterol Jahat

Kandungan antioksidan di dalam buah delima diduga dapat mengurangi  kadar kolestrol dalam tubuh. Beberapa penelitian menyatakan bahwa manfaat buah-buahan dan sayur yang kaya serat dan antioksidan dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam darah.

Akan tetapi, beberapa penelitian yang mengkaji manfaat buah delima dalam menurunkan kolesterol masih belum menunjukkan data yang konsisten. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan validitasnya.

 

[SHARE INFORMASI ASRILOKA WONOSALAM Tempat Outbound Terindah dengan cara bagikan link >> https://asrilokawonosalam.com/ ke saudara, keluarga, ataupun teman-teman anda.]

[ Kunjungi, POLINDO INTERNASIONAL Kuliah Cepat Kerja & Wirausaha dengan cara klik link>> https://politeknikindonesia.com/

[Yuk Kepoin juga Kuliah Kelas Karyawan di STIE PEMUDA School Of Bussines dengan cara klik link >> https://www.stiepemuda.ac.id/  ]

 

 

kuliah cepat kerja dan bisnis di surabaya, disalurkan sampai dapat kerja di surabaya, kuliah dengan jaminan kerja di surabaya, kursus komputer murah di surabaya,kursus perpajakan di surabaya, kursus akuntansi di surabaya, kuliah terbaik di madiun, kuliah sambil kerja di madiun, kuliah berkualitas di madiun, kuliah multi skill di madiun, kuliah dengan penyaluran kerja di madiun, kursus pajak terbaik di madiun, kursus perpajakan di surabaya, kursus akuntansi terbaik di madiun, kuliah kelas karyawan di surabaya, kuliah sambil kerja di surabaya, kampus di surabaya internasional, kuliah karyawan di surabaya, kuliah s1 manajemen di surabaya, kuliah D3 akuntansi di surabaya, kuliah biaya murah di surabaya, kuliah dengan bursa kerja di surabaya, kuliah dengan biaya terjangkau di surabaya, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar probolinggo, kuliah karyawan terbaik sekitar gresik, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar gresik, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar sidoarjo, kuliah kelas karyawan sekitar mojokerto, kuliah kelas karyawan sekitar madura, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar jombang, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar pasuruan, kampus vokasi di surabaya internasional, tempat kursus di surabaya internasional, kursus murah di surabaya internasional, tempat kursus terbaik di surabaya, kursus wirausaha internasional, penyaluran kerja terbaik internasional, kuliah jurusan komputer di surabaya, kuliah jurusan komputer, kuliah jurusan akuntansi, kuliah jurusan administrasi perkantoran, kuliah jurusan animasi di surabaya, kuliah jurusan dkv, kuliah jurusan desain grafis, kuliah jurusan desain interior, kuliah jurusan editing video, kuliah jurusan fotografi, kuliah jurusan it, kuliah jurusan ilmu komputer, kuliah jurusan jaringan internet, kuliah jurusan jaringan, kuliah jurusan manajemen, kuliah jurusan multimedia, kuliah jurusan manajemen bisnis, kuliah jurusan teknik informatika, kuliah jurusan web design, kuliah murah langsung kerja, kuliah langsung kerja, jurusan kuliah langsung kerja, kuliah langsung kerja 2021, kuliah karyawan surabaya, kursus komputer, kursus komputer terdekat, kursus komputer di malang, kursus komputer sidoarjo, kursus komputer madiun, kursus komputer madiun, kursus komputer langsung kerja, kursus bahasa inggris surabaya, kursus bahasa inggris di sidoarjo, kursus perpajakan surabaya, kursus administrasi perkantoran, kuliah atau kerja, kuliah akuntansi, kuliah ada berapa semester, kuliah bisnis, kuliah bisnis manajemen, kuliah beasiswa, kuliah bahasa inggris, kuliah cepat lulus, kuliah cepat kerja, kuliah di surabaya, kuliah desain grafis, kuliah d1, kuliah ekonomi, kuliah informatika, kuliha it, kuliah karyawan, kuliah karyawan surabaya, kuliah kelas karyawan surabaya, kuliah kelas karyawan, kuliah langsung kerja, kuliah daring artinya, kuliah lulusan smk, kuliah manajemen, kuliah murah surabaya, kuliah multimedia, kuliah online, kuliah online surabaya, kuliah online s1, kuliah reguler sambil kerja, kuliah s1 berapa tahun, kuliah sampai semester berapa, kuliah s1 sampai berapa semester, kuliah s1 berapa semester, kuliah wirausaha, kuliah yang langsung kerja, tempat outbound terbaik di wonosalam, tempat outbound terbaik di jombang asriloka wonosalam, tempat outbound terbaik, tempat outbound terbaik di jombang, tempat outbound terbaik di mojokerto, tempat outbound terbaik di malang, tempat outbound terbaik di wonosalam, rekomendasi tempat outbound, tempat outbound outbound trawas, outbound adalah, outbound artinya, outbound surabaya, outbound malang, outbound sidoarjo, outbound pandaan, outbound wonosalam, tempat outbound, tempat outbound di pacet, tempat outbound di malang, tempat outbound di jawa timur, tempat outbound di trawas, kelas karyawan di sidoarjo. Kursus microsoft excel termurah, kursus microsoft word termurah, kursus microsoft powerpoint, kursus myob accounting surabaya, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar probolinggo stie pemuda, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar pasuruan stie pemuda, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar jombang stie pemuda, kuliah dengan biaya terjangkau di surabaya stie pemuda, kuliah dengan bursa kerja di surabaya stie pemuda, kuliah kelas karyawan terbaik sekitar sidoarjo stie pemuda, lowongan kuliah langsung kerja, kuliah yang menjamin langsung kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *